Rabu, 26 Oktober 2016

Marketing Management: JetBlue Case dan Trap-Ease Case



Company Case
JetBlue: Delighting Customers Through Happy Jetting


1.      Give examples of needs, wants, and demands that JetBlue customers demonstrate, differentiating these three concepts. What are the implications of each for JetBlue’s practices?

Jawaban:
Kebutuhan customer JetBlue adalah:
-          Transportasi jarak jauh
JetBlue sebagai penyedia jasa transportasi jarak jauh yaitu pesawat merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan customer agar customer dapat bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain.
-          Perhatian dan kasih dari JetBlue
Sikap perhatian dan rasa kasih juga dibutuhkan oleh customer JetBlue. Hal tersebut disebabkan karena customer ingin permintaannya direspon dan diperhatikan kebutuhannya. Pada akhirnya karena sikap tersebut, customer menjadi nyaman saat memesan tiket perjalanan dan bertanya mengenai informasi seputar JetBlue.

Keinginan customer JetBlue adalah:
-          Adanya legroom
Legroom merupakan ruang bagi kaki customer agar tetap merasa nyaman selama pesawat diterbangkan. Kenyamanan ini diinginkan agar kaki customer tidak terhimpit dengan kursi di depannya.
-          Snack gratis
Snack yang dibagikan secara gratis tentu disambut baik oleh customer agar selama proses penerbangan customer senang dan dapat menikmati snack yang diinginkan.
-          Fasilitas entertainment yang bagus
Fasilitas yang lengkap tentu merupakan keinginan dari semua customer. Adanya TV, radio, film, Wi-Fi gratis tentunya akan membuat keinginan customer terpuaskan karena banyak hiburan yang disediakan JetBlue.

Permintaan customer JetBlue adalah:
-          Harga tiket pesawat murah
Tiket pesawat yang berharga murah menjadikan JetBlue dapat dijangkau oleh berbagai customer. Hal tersebut menjadi penawaran terbaik bagi customer yang ingin merasakan layanan pesawat dengan kualitas yang setara dengan pesawat first-class, namun dengan harga yang murah.
-          Pengalaman penerbangan yang berkesan
Tidak semua orang sering melakukan penerbangan ke lokasi tertentu sehingga customer seperti itu menginginkan pengalaman terbang yang tidak terlupakan. Oleh karena itu JetBlue berusaha menjawab permintaan customer dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan dan membangun komunikasi dengan customer meskipun customer tersebut tidak memesan tiket penerbangan. Komunikasi tersebut dapat dilakukan lewat akun twitter resmi JetBlue atau dengan telepon informasi JetBlue.

2.      Describe in detail all the facets of JetBlue’s product. What is being exchanged in a JetBlue transaction?

Jawaban:
Customer menukarkan uang, waktu, usaha untuk melakukan pemesanan tiket penerbangan, dan kesempatan untuk bepergian dengan berbagai aspek penawaran yang ditawarkan oleh JetBlue. JetBlue sendiri menukarkan apa yang diberikan customer tersebut dengan kombinasi antara produk, jasa, dan pengalaman terbang bersama JetBlue menjadi berkesan. Kombinasi tersebut mencakup fitur dan layanan selama penerbangan seperti kursi penumpang yang nyaman, snacks gratis, dan fasilitas hiburan atau entertainment yang lengkap. Selain itu JetBlue menawarkan fasilitas main terminal yang baik mulai dari jalur penerbangan, fasilitas dining kelas atas, mall stores, area bermain, dan lain-lain. Selain itu JetBlue juga menyediakan customer service yang menjawab telepon dari customer dengan ramah seakan percakapan yang dilakukan seperti percakapan customer dengan tetangganya sendiri.

3.      Which of five marketing management concepts best applies to JetBlue?

Jawaban:
Lima konsep marketing management adalah production concept, product concept, selling concept, marketing concept, dan societal marketing concept. Konsep yang diaplikasikan pada JetBlue adalah marketing concept. JetBlue telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan customer, serta menyajikan pelayanan yang berbeda dari kompetitor yang lain.  JetBlue berusaha untuk menjawab keinginan customer dengan fasilitas kursi yang nyaman, snack gratis, fasilitas hiburan yang beragam, dan pelayanan yang ramah. Adanya fasilitas-fasilitas tersebut dan harga yang murah juga membedakan JetBlue dengan kompetitor lain.

4.      What value does JetBlue create for its customers?

Jawaban:
Nilai yang dibuat oleh JetBlue kepada customer adalah perasaan senang saat melakukan penerbangan bersama JetBlue. Hal tersebut sesuai dengan slogan JetBlue yaitu Happy Jetting. Happy jetting mempunyai filosofi bahwa kesejahteraan customer merupakan bagian dari kultur JetBlue. Kultur JetBlue berpedoman mengenai sisi kemanusiaan merupakan hal yang paling penting sehingga customer harus diperlakukan dengan baik dan sopan.

5.      Is JetBlue likely to continue being succesful in building customer relationships? Why or why not?
Jawaban:
JetBlue akan terus sukses membangun hubungan yang baik dengan customer. Hal tersebut disebabkan karena JetBlue mempunyai dasar yang kuat untuk terus memberikan layanan dan manfaat bagi customer sehingga JetBlue dapat membangun hubungan yang kuat dengan customer. Ciri khas utama yang harus dipertahankan oleh JetBlue adalah harga tiket yang murah. JetBlue harus mampu mempertahankan ciri khas tersebut agar customer tetap loyal dengan JetBlue. Harga 8,88 cents yang ditawarkan JetBlue lebih murah daripada Southwest Airline sebesar 9,76 cents. Harga yang bersaing tersebut harus dipertahankan dan JetBlue harus terus lanjut memberikan harga tersebut kepada customer.

Company Case
Trap-Ease America: The Big Cheese of Mousetraps

Questions
1.      Martha and the Trap-Ease America investors believe they face a once-in-a-lifetime opportunity. What information do they need to evaluate this opportunity? How do you think the group would write its mission statement? How would you write it?

Jawaban:
Martha dan investor dari Trap-Ease America terlihat cukup percaya diri dalam menawarkan produknya ke pasaran. Namun mereka hanya terlalu fokus pada keunggulan produknya saja, mereka masih membutuhkan informasi-informasi seperti:
-          Apakah produk mouse trap yang dihasilkan mempunyai kelemahan? Bagaimana cara mengatasi kelemahan tersebut?
-          Apa saja fungsi-fungsi tambahan yang diharapkan customer pada produk ini?
-          Berapa ukuran mouse trap di pasar Amerika saat ini?
-          Jenis mouse trap apa saja yang dijual?
-          Siapa saja yang membeli produk mouse trap?
-          Berapa harga mouse trap tersebut?
-          Bagaimana cara customer selama ini dalam menangani permasalahannya dengan tikus?
Sebaiknya investor dan Martha perlu memahami apa saja kebutuhan dan keinginan customer dengan melakukan penelitian agar marketing mouse trap dapat berjalan lebih baik lagi dan mampu bersaing dengan produk mouse trap lainnya.

Mission statement:
-          Trap-Ease
Trap-Ease mouse trap ini mempunyai banyak keunggulan bagi customer jika dibandingkan dengan produk mouse trap lainnya yang menggunakan jebakan dengan bahan pegas atau dengan racun tikus. Produk ini bersih dan mudah digunakan, tidak ada resiko tangan menjadi terluka saat memasang mouse trap dan keracunan pada hewan peliharaan atau anak-anak. Produk ini tidak mengalami masalah saat proses pembersihannya, customer dapat menggunakan produk ini kembali atau dapat dibuang langsung setelah dipakai.
-          Menurut saya
Produk Trap-Ease ini cocok untuk ibu rumah tangga yang tidak menginginkan kehadiran tikus di rumah. Kami menawarkan inovasi produk terbaru yang aman untuk membasmi tikus dengan mudah dan tanpa menggunakan racun tikus sehingga produk ini juga ramah lingkungan.

2.      Has Martha identified the best target market for Trap-Ease? What other market segments might the firm target?

Jawaban:
Trap-Ease menargetkan produknya untuk kalangan wanita terutama ibu rumah tangga, tetapi perusahaan hanya mampu menjual beberapa ratus unit produk hingga bulan April. Penentuan target market tersebut terlalu sempit. Target market yang dituju sudah baik yaitu para ibu rumah tangga karena tidak menginginkan kehadiran tikus agar rumah senantiasa bersih dan aman. Namun target market tersebut dapat diperluas lagi ke dalam beberapa segmen, seperti:
-          Orang yang tinggal sendirian di apartemen atau kos, terutama kalangan perempuan.
-          Penjaga hewan peliharaan yang tidak mau mengambil resiko racun tikus termakan oleh hewan peliharaannya
-          Pihak restoran yang ingin restorannya senantiasa bersih karena adanya tikus dapat menjadi isu mengenai kebersihan restoran
-          Pabrik makanan yang mengutamakan kebersihan tentu dapat menjadi target market yang cocok.

3.      How has the company positioned the Trap-Ease for the chosen target market? Could it position the product in other ways?

Jawaban:
Trap-Ease mendefinisikan produknya dengan produk yang bersih, aman, dan mudah digunakan. Trap-Ease juga mampu memenangkan kontes perlombaan yang mengalahkan 300 produk. Hal tersebut membuktikan bahwa produk yang dihasilkan merupakan produk inovatif dengan harga 5-10 kali lipat lebih besar dari produk mouse trap tradisional. Posisi produk ini tidak berbeda terlalu jauh dengan produk lainnya. Produk ini unggul dari produk mouse trap tradisional yang mengedepankan prinsip bersih, aman, dan mudah digunakan, selebihnya fungsi dari produk ini sama dengan produk tradisional. Trap-Ease dapat memposisikan produknya lebih baik dalam hal desain dan penggunaan produk yang dapat berkali-kali digunakan.

4.      Describe the current marketing mix for Trap-Ease. Do you see any problems with this mix?

Jawaban:
-          Product
Produk ini dihasilkan oleh Trap-Ease sebagai produk yang berfungsi untuk menjebak tikus. Trap-Ease dapat mendesain beberapa jenis mouse trap yang cocok untuk beragam segmen customer yaitu keluarga, restoran, pabrik makanan, dan kantor.
-          Price
Harga retail produk ini sebesar $2.49. Harga produk ini mencapai 5-10 kali lipat lebih besar daripada mouse trap pada umumnya. Harga tersebut sebanding dengan produk yang dihasilkan karena produknya dapat digunakan berulang kali.
-          Place
Produk ini dijual di supermarket Amerika, toko hardware, dan drug chains. Selain ketiga tempat tersebut, Trap-Ease dapat menjual produknya melalui internet mengingat saat ini penjualan lewat internet lebih sering dipilih oleh banyak orang untuk membeli suatu hal.
-          Promotion
Trap-Ease telah melakukan publikasi mengenai produknya di media dan ikut dalam shopping program. Namun Trap-Ease belum menggunakan media promosi terbesar saat ini yaitu internet.

5.      Who is Trap-Ease America’s competition?

Jawaban:
Kompetitor dari Trap-Ease adalah seluruh perusahaan yang mempunyai tujuan untuk mengatasi permasalahan dari adanya tikus.

6.      How would you change Trap-Ease’s marketing strategy? What kinds of control procedures would you establish for this strategy?

Jawaban:
Selama ini Martha hanya satu-satunya sales person dari Trap-Ease dan Martha mempunyai keinginan untuk menambah jumlah sales person. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kekurangan sumber daya manusia. Kekurangan sumber daya merupakan kerugian yang fatal bagi perusahaan karena marketing membutuhkan orang lain untuk bekerja sama. Selain itu Trap-Ease perlu memperluas target market yang dituju. Target market yang dituju bisa dari ibu rumah tangga, orang yang tinggal di apartemen atau kos, restoran, penjaga hewan peliharaan dan pabrik makanan. Perusahaan harus mengetahui apa yang customer butuhkan dan apa saja fungsi dan perlengkapan yang harus dimiliki pada produk yang dihasilkan. Pada intinya, perusahaan harus mempekerjakan lebih banyak orang lagi agar strategi marketing untuk memonitor kerja tim dapat diterapkan, memilih target market yang potensial, dan berusaha belajar mengenai kebutuhan customer.

0 komentar:

Posting Komentar